Dampak Dampak Yang Biasanya Akan Diterima Oleh Korban Bullying

Banyak orang yang membully seseorang karena penampilan seseorang yang terlihat cupu ataupun terlihat sombong. Banyak penyebab seseorang melakukan bully kepada orang lain. Salah satunya adalah dari perlakuan orang tua atau cara didik orang tua kepada anaknya. Cara didik orang tua juga dapat membuat anaknya menjadi pembully di sekolah.

 

Dampak bully kepada seseorang bisa berakibat fatal pada kesehatan mental dari korban bully. Ada beberapa orang yang menyalah artikan apa itu bully. Bullying dalam bahasa indonesia lebih dikenal dengan ‘penindasan/ penyiksaan’. Bullying adalah segala bentuk penindasan atau kekerasan kepada seseorang yang dilakukan dengan sengaja dan tidak di sengaja.

 

Tujuan dari bullying biasanya adalah untuk menyakiti seseorang secara fisik yang tanpa diketahui dapat menyakiti mental dari korban bullying. Berdasarkan permasalahan yang telah banyak dibicarakan saat ini adalah bullying. Dapat dilakukan melalui media sosial dan juga dapat dilakukan secara langsung yang bersifat seperti penyiksaan. Bullying tidak hanya dilakukan oleh seseorang yang benci terhadap sesuatu atau tidak menyukai sesuatu hal di hidupnya dengan melampiaskannya kepada orang lain.

 

Tetapi, juga dapat dilakukan oleh orang tua kepada anaknya. Siapa pun itu yang melakukan bullying pasti akan mendapatkan balasannya. Mungkin tidak melalui ia di bullying juga tetapi juga dapat melalui sesuatu yang ia lakukan tidak berhasil yang berhasil malah korban bullynya. Menurut dari beberapa penelitian bahwa siswa yang terperangkap atau terjebak ke dalam peran pelaku bullying tidak dapat mengembangkan hubungan yang sehat, tidak mempunyai empati kepada seseorang, dan juga menganggap bahwa dirinya lebih kuat dan banyak orang yang menyukainya.

 

Perasaan diri sosial yang dirasakan oleh korban bullying akan lebih negatif karena menganggap bahwa ia tidak diterima oleh teman temannya dengan tulus ataupun diperlakukan dengan tidak baik oleh temannya. Tak hanya itu, dirinya juga memiliki pengalaman yang gagal yang terus menerus dalam membina pertemanan. Dampak lain yang dapat diterima oleh korban bullying adalah terganggunya kejiwaan mereka. Jika bullying dilakukan terus menerus maka akan berdampak buruk tidak hanya korban bullying tetapi juga dapat berdampak buruk kepada pelaku bullying.

 

Bullying biasanya dilakukan oleh seseorang ataupun kelompok kepada seseorang yang biasanya tidak berdaya atau dengan kata lain orang yang lemah. Nah, dampak dari bullying berarti tidak hanya berpengaruh kepada kepada korban tetapi juga berpengaruh kepada pelaku. Dampak bullying pada korban bisa saja hilang tetapi perasaannya akan tetap sama. Sedangkan dampak bullying terhadap pelakunya biasanya susah untuk hilang karena pelaku bullying memiliki ego yang sangat tinggi yang mungkin bisa berdampak buruk pada keluarga pelaku juga.